02 November 2009

BLOCK beberapa situs untuk beberapa IP Address.

Gara-gara di tempat saya nyari duit BIG BOS ga suka anak buahnya maen pesbukan, beliau minta smua karyawan dengan status manager ke bawah tidak boleh akses situs pertemanan tersebut. setelah berbulan bulan nyari tau gimana caranya setting squid untuk blok situs tertentu untuk IP tertentu dan untuk jam-jam tertentu. Ahirnya dapet juga contekan bagusatas bantuan mba GOOGLE. Biar ga lupa sengaja saya dokumentasikan di sini, jika suatu saat menemui kasus yg serupa. Terimakasi juga untuk http://andrecht.wordpress.com/2009/07/30/blocking-akses-internet-berdasar-waktu-dengan-squid/ atas contekannya. Baiklah langsung saja kita mulai. Saya anggap squid telah terinstal di mesin linuk Anda dan telah berjalan dengan baik.

sebelumnya bikin file blockunderip.txt di /etc/squid , nanti nya file ini berisi daftar situs yang akan di block untuk IP yg telah di identifikasi. Misalnua masukan www.facebook.com dalam file tersebut.

lanjutkan dengan konfigurasi file squid.conf nya dengan editor kesayangan anda.
#vi /etc/squid/squid.conf

==========potongan script (tambahin dibawahnya)==================
# INSERT YOUR OWN RULE(S) HERE TO ALLOW ACCESS FROM YOUR CLIENTS
acl staf1 src 192.168.0.2 #untuk identifikasi IP staf1
acl blockurl dstdomain "/etc/squid/blockunderip.txt"

#blok berdasarkan time, antara jam 08:10-12:00 dan 13:00-17:15 situs yg telah #terdaftar di dalam file blockunderip.txt tadi tidak bisa di akses. Untuk diluar #waktu itu bebas untuk di akses.
acl pagi time MTWHF 08:10-12:00
acl sore time MTWHF 13:00-17:15


#mengaktifkan rule yg telah di pasang
http_access deny blockurl pagi staf1
http_access deny blockurl sore staf1


setalah itu sipan konfigurasi squid dan jangan lupa restart squidnya.

#/etc/init.d/squid restart

Silahkan buka situs yg telah anda masukan dalam daftar di komputer dengan IP yg telah di masukan pada waktu konfigurasi squid tadi.

Selamat mencoba

1 comment:

Saktian Weblog said...

.pantesan gw buka FB gag bs...????